top

Pelatihan Nasional Akuntansi

PELATIHAN NASIONAL

AKUNTASI

Menciptakan Laporan Keuangan Koperasi Kredit yang Strategis melalui peningkatan Kompetensi Manajemen Koperasi Kredit.

Koperasi kredit merupakan salah satu lembaga keuangan yang tidak lepas dari proses akuntansi. Akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pencatatan dan pengkomunikasian informasi ekonomi suatu entitas kepada para pemakai informasi yang berkepentingan. Setiap hari kasir berhadapan dengan anggota baik yang akan menabung, mengambil pencairan pinjaman dan membayar angsuran pinjaman. Dari kegiatan tersebut terjadilah transaksi yang harus dicatat setiap hari ke dalam jurnal. Jurnal merupakan catatan kronologis tentang transaksi-transaksi yang terjadi dalam suatu periode yang kemudian diposting ke dalam buku besar sehingga dapat disusun neraca saldo dan menghasilkan laporan keuangan. Namun, pada kenyataannya masih banyak manajemen, pengurus dan pengawas Koperasi Kredit belum memiliki dasar pemahaman akuntansi yang memadai sehingga belum mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan tepat. Hal tersebut dikarenakan oleh latarbelakang pendidikan yang tidak sesuai dengan dunia kerja yang digelutinya namun memiliki ambisi untuk bekerja dan keingintahuan mengenai akuntansi oleh karena itu Departemen Diklat, E-PR, Litbang dan HI menyelenggarakan Pelatihan Nasional Akuntansi bagi Non Akunting pada tanggal 11 – 17 Oktober 2015 di Pusdiklat Bekatigade Timor beralamat di Jl. Gua Lourdes No. 2, Kelurahan Oetete, Kecamatan Oebobo, Kupang-NTT.

http://ukhealthcenteronline.com/xanax-pills-1mg ukhealthcenteronline.com

Pada tanggal 11 Oktober 2015 pukul 16.00 WITA acara pembukaan dimulai dengan sambutan dari Ketua Pengurus Puskopdit Bekatigade Timor yaitu Bapak Lambertus Kaha dan Pelatihan Nasional Akuntansi bagi Non Akunting dibuka oleh Ibu Rere Paulina Bibiana selaku Pengawas Inkopdit. Acara selanjutnya adalah perkenalan fasilitator, panitia dan orientasi peserta. Peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari :

Hari kedua pelatihan tanggal 12 Oktober 2015 difasilitasi oleh Nona Laurensia Wandita Raharjo, SE (Staf Litbang & E-PR Inkopdit) yang menggantikan Pak Puspo Cahyo (GM Inkopdit) sebagai co-fasilitator dalam Pelatihan Nasional Akuntansi di tahun 2015 ini. Saya menyampaikan materi mengenai materi Akuntansi secara umum yang meliputi pengantar akuntansi, persamaan akuntansi, siklus akuntansi dan laporan keuangan. Sebagai pemanasan di hari pertama saya memberikan pre test terlebih dahulu kepada para peserta sebelum saya menyampaikan materi. Setelah para peserta selesai mengerjakan pre test yang saya berikan berikutnya saya memulai sesi dengan mengenalkan akuntansi melalui materi pengantar akuntansi. Masuk sesi kedua semua peserta harus fokus dan berkonsentrasi tinggi karena sudah mulai bertemu dengan angka di dalam materi persamaan akuntansi yang menjadi dasar pemahaman terhadap akuntansi. Untuk lebih memahami teori persamaan akuntansi saya juga memberikan contoh soal dan latihan soal. Setelah makan siang, materi dilanjutkan dengan Siklus Akuntansi yang membahas mengenai proses akuntansi mulai dari Jurnal Umum sampai dengan Jurnal Pembalik. Karena waktu yang singkat saya hanya menerangkan pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum sampai dengan posting ke buku besar. Yang tak kalah penting adalah materi mengenai laporan keuangan yang terdiri dari: laporan rugi laba, laporan perubahan modal, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Peserta sangat antusias dari awal sampai dengan sesi terakhir karena saya membagikan stiker untuk peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

Pelatihan hari ketiga tanggal 13 Oktober 2015 difasilitasi oleh Pak Syafrizal Ikram, SE., M.Si., Ak (Dosen Akuntansi dan sebagai salah satu Pengurus Inkopdit) yang menyampaikan materi mengenai Akuntansi Koperasi. Sebelum membahas Akuntansi Koperasi, Pak Syafrizal mereview kembali materi Akuntansi secara umum dan pengenalan nama akun-akun yang ada di laporan keuangan koperasi. Setelah makan siang, peserta dibimbing oleh Pak Syafrizal untuk mencatat transaksi ke dalam Jurnal Umum dan mempostingnya ke dalam buku besar.

Pelatihan hari keempat tanggal 14 Oktober 2015 masih difasilitasi oleh Pak Syafrizal Ikram yang menyampaikan materi mengenai penyusutan dan data penyesuaian serta melanjutkan latihan soal sampai dengan penyusunan laporan keuangan. Setelah makan siang, Pak Syafrizal memaparkan Standar Akuntansi E.T.A.P dan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia No. 04/Per/M.KUKM/VII/2012. Karena beliau sedang melanjutkan studi-nya ke jenjang S3 dan esok hari ada kelas maka harus kembali ke Bandung, selesai pelatihan hari ini kami sempatkan foto bersama dengan Pak Syafrizal sebelum beliau menuju bandara.

Pelatihan hari kelima tanggal 15 Oktober 2015 para peserta bisa refreshing sejenak dan menghilangkan penat karena hari ini kami jalan-jalan ke daerah Soe, Timor Tengah Selatan lamanya perjalanan sekitar 2,5 jam dari Kota Kupang untuk mengunjungi salah satu CU yaitu CU. Samamora. Sesampainya di CU. Samamora kami semua disambut dengan dikalungkan kain oleh tuan rumah dan dijamu. Pak Deus (Sekretaris Pengurus) memaparkan profil CU. Samamora mulai dari sejarah, letak geografis, manajemen, jumlah anggota sampai dengan jumlah aset selain itu juga ada sesi sharing pengalaman antara peserta dengan manajemen CU. Samamora. Tibalah waktu makan siang, kami menuju ke salah satu usaha anggota yaitu pemancingan ikan air tawar. Sesampainya di kolam pemancingan para peserta antusias untuk memberikan makan ikan-ikan yang ada di kolam dan mengelilingi kolam pemancingan tersebut. Setelah lelah dan lapar melanda barulah kami antri mengambil makan siang yang telah disiapkan oleh pemilik kolam pemancingan tersebut. Menikmati makan siang sambil duduk-duduk di pinggir kolam dan bercekrama dengan para peserta sangat menyenangkan. Tak lupa juga kami ber-selfi ria di area kolam pemancingan, setelah kenyang kami melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Oehala. Sungguh perjuangan menuju air terjun Oehala kami harus menuruni puluhan anak tangga yang terjal sayang tidak semua peserta kuat sampai menuju air terjun tersebut. Air terjun Oehala terdiri dari 3 tingkatan karena sedang musim kering maka ainya tak begitu deras tapi tidak mengurungkan niat kami untuk ber-selfi ria. Setelah puas berfoto kami naik kembali ke parkiran karena jam sudah menunjukan pukul 16.30 WITA. Sebelum naik kendaraan kami beristirahat sejenak menikmati pemandangan dan menghirup udara segar di area air terjun tersebut. Perjalanan dilanjutkan menuju restauran nelayan yang ada di Kota Kupang yang merupakan akhir dari perjalanan kami hari ini. Semua peserta tampak lelah tapi tetap canda dan tawa mewarnai suasana makan malam kami apalagi restauran tersebut berada di pinggir pantai dan diiringi live music. Setelah makanan dan minuman tersaji semua peserta melahap dan menikmatinya, suasana kebersamaan menambah kehangatan di malam ini. Selesai makan, kami masih duduk-duduk sambil menikmati hembusan angin pantai dan ada juga peserta yang menghibur kami dengan suara merdunya. Karena semakin larut malam kami meninggalkan restauran dan kembali ke Pusdiklat tempat pelatihan untuk beristirahat.

Hari terakhir pelatihan tanggal 16 Oktober 2015 tidak terasa sudah di penghujung pelatihan. Dua sesi  di pagi hari saya mengisi dengan memberikan latihan kasus dari pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum sampai dengan penyusunan laporan keuangan. Jika peserta dapat mengerjakan jurnal umum, neraca saldo dan laporan keuangan dengan benar maka akan saya berikan stiker. Karena masih ada waktu saya mengadakan sesi tanya jawab kepada peserta terkait materi yang telah disampaikan selama pelatihan disinilah kesempatan peserta untuk memperoleh stiker. Setelah makan siang, dilanjutkan dengan latihan kasus Akuntansi Koperasi yang didampingi oleh Ibu Rere Paulina Bibiana, SE., M.Si. Peserta dihadapkan kembali pada transaksi yang sering terjadi di koperasi, Bu Bibi mengajak peserta untuk sama-sama mengidentifikasi dan menganalisa setiap transaksi yang tertera di dalam soal kasus tersebut. Tak terasa waktu telah menunjukan pukul 16.30 WITA menandakan waktu telah selesai sehingga pelatihan diakhiri.

Masuk pada sesi penutup panitia membagikan Rencana Tindak Lanjut dan Lembar Evaluasi yang harus diisi oleh para peserta. Kemudian panitia memilih 2 orang perwakilan dari peserta untuk menyampaikan kesan dan pesan selama pelatihan ini. Tiba saatnya panitia mengumumkan pemenang stiker terbanyak ternyata diluar dugaan ada 3 orang yang mendapatkan stiker dengan jumlah 10 buah. Pemenang stiker terbanyak adalah Ibu M.G. Indiyarti (KSP. Wisuda Guna Raharja) dengan perolehan stiker 13 buah serta Nona Veby Lassa, Sdr. Marsellinus T. Nanggur, dan Bapak Wilhelmus Jemahan dengan perolehan stiker 10 buah. Mereka semua mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia. Di acara penutupan saya juga menyampaikan sepatah dua patah kata kemudian pelatihan ini ditutup oleh Ibu Rere Paulina Bibiana. Satu per satu peserta dipanggil oleh Ibu Rere untuk mengambil sertifikat, setelah semua peserta menerima sertifikat dilanjutkan dengan doa dan foto bersama.

Inilah pengalaman pertama saya menginjakan kaki di Kupang dan menjadi fasilitator walaupun awalnya saya tidak percaya diri dan takut tapi hal itu bisa saya atasi dengan menyiapkan diri dengan baik. Saya juga salut kepada beberapa peserta yang sudah tidak muda lagi tapi tetap semangat mengikuti pelatihan dari awal sampai dengan akhir dan beberapa peserta juga sudah memahami materi ini padahal saya mendapatkan materi pengantar akuntansi membutuhkan waktu 1 semester sedangkan mereka hanya dalam waktu 4 hari. Banyak peserta yang mengganggap pelatihan ini sangat penting tidak hanya untuk manajemen tapi juga untuk pengawas dan pengurus koperasi. [LWR]

bottom
top

TERPOPULER

Copyrights © 2009 Credit Union Central of Indonesia.